Kamis, 04 April 2013

Artikel CARA MERAWAT ANAK AYAM YANG BARU MENETAS

Artikel

CARA MERAWAT ANAK AYAM YANG BARU MENETAS

Merawat anak ayam yang baru menetas bukanlah hal yang gampang. Karena anak ayam memerlukan pertumbuhan yang seimbang antara suplay makanan dan tempat perlindungan dari induknya yang selalu melindungi dari suhu atau udara yang dingin. Terkadang anak ayam yang dirawat bersama induknya juga mengalami pertumbuhan yang lambat walaupun
bersama induknya. Berarti hal tersebut dapat disimpulkan bahwa anak ayam juga memerlukan kebutuhan suplay pangan yang sehat dan bergisi. Selain itu merawat anak ayam juga bisa dilakukan dengan system perawatan disapih ( dipisahkan dari induknya dengan menggunakan penghangat buatan / induk buatan ). Yang dimaksud penghangat buatan yakni, anak ayam yang baru saja menetas langsung diangkat dari eraman sang induk lalu di tempatkan disebuah box atau kandang yang tertutup rapat dan disertai dengan lampu pijar atau lampu dop.
Kita bisa saja memilih salah satu alternatif perawatan tersebut untuk mengasuh anak ayam kesayangan kita yang kelak menjadi calon jawara yang kita miliki. Atau bisa saja kita menggunakan kedua alternatif perawatan tersebut. Jadi tergantung dari kita sendiri.  Tetapi menurut pengalaman kami yang sudah terbukti secara eksperiment, dari kedua alternative tersebut, perawatan disapih ( induk buatan ) terbukti lebih cepat dan akurat pertumbuhanx dibanding perawatan bersama sang induk aslinya. Karena perawatan disapih lebih mandiri dan tidak manja, sehingga rangsangan nafsuh makan akan timbul sendirinya. Selain itu fungsi dari lampu penghangat tersebut akan selalu menerangi anak ayam dimalam hari, sehingga calon jawara kita dapat terus makan dan makan walaupun tengah malam. Selain keuntungan tersebut, kita juga bisa mengejar target untuk menghasilkan keturunan calon jawara baru dengan menggunakan induk yang baru menetas tadi. Karena perawatannya tidak terlalu lama untuk disiapkan bersama sang pemacek / pajantan andalan kita.
Kesimpulan untuk merawat anak ayam yaitu :
1.      Sediakan kandang atau box untu anak ayam berumur sehari – 2bln dengan ukuran= P.120 cm x L.100 cm x T.70 cm untuk 10 ekor anak ayam maksimal 15 ekor anak ayam.
2.      Anak ayam yang baru menetas langsung dipisahkan dari induknya dan diberi lampu pijar atau dop sebagai pemanas ganti induknya.Pasang lampu pijar/dop 60 watt sampai anak ayam berumur 2 minggu setelah itu lampu diganti dengan 40 watt. Dan jangan lupa kandang diberi alas yang kering dan terasa hangat.
3.      Setelah anak ayam berumur satu minggu pemberian makan dan minumnya mulai digantung setinggi leher anak ayam agar ayamnya kelak mempunyai kuda-kuda kaki yang kokoh,akan kuat mendorong lawan dan akan membentuk body ayam yang sempurna sebagai petarung sejati. Semakin besar dan tinggi anak ayam diiringi juga dengan semakin dinaikkan/ditinggikan juga tempat makan dan minumnya.
4.      Sediakan makanan pokpan yang dicampur dengan susu bubuk putih sebagai tambahan gizi yang baik untuk postur tubuh dan tulang yang ideal pada nantinya. Lalu siapkan juga air minumnya yang dicampur dengan vitachik yang kaya akan vitamin.
Itulah sedikit saran dari saya yang turut berbagi pengalaman. kita mempunyai masing-masing cara atau metode pemeliharaan sendiri. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penghoby ayam sejati. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila kurang berkenan di hati saudara sekalian. Terimakasih. Salam KuKuRuYukkk…

MENJAGA KONDISI AYAM AGAR TETAP PRIMA

Untuk menjaga Kondisi Ayam agar tetap Prima, maka ayam harus rutin disuplay dengan bentuk - bentuk makanan dan vitamin yang baik untuk ayam.
Makanan/Vitamin Suplemen Makanan/Vitamin Suplemen biasanya diberikan di malam hari tepat sebelum ayam tidur di malam harinya, hal ini ditujukan agar seluruh kandungan gizi yang diberikan dapat terserap dengan baik pada ayam. Makanan dan vitamin suplemen yang diberikan rutin setiap harinya adalah sebagai berikut:
• Vitamin lengkap A,B Compex,C,D,E,K yang diberikan masing-masing 1 butir. Vitamin yang diberikan tidak perlu vitamin yang mahal, kami biasa memberikan vitamin keluaran IPI.
• 1/2 jempol gula merah yang dilunakkan dengan air (Untuk tambahan karbohidrat)
• 1/4 atau 1/2 buah Tomat. (Untuk menyegarkan dan membantu pencernaan ayam)
• 1 Butir telur puyuh bulat yang telah direbus. (Untuk tambahan protein). Untuk tipe ayam jalu pemberian telur puyuh rebus bisa diperjarang menjadi 2-3 hari sekali.
Suplemen yang diberikan 4-5 hari sekali (sebaiknya di malam setelah ayam memperoleh latihan jajal):
• 1 butir pil minyak ikan. (Untuk mempercepat pertumbuhan da

n memperkuat bulu)
• 1 butir pil kalq. (Untuk memperkuat tulangan)
• 1/4 jempol kunyit (Untuk membantu pencernaan dan menyehatkan perut ayam)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar